Minggu, 27 Desember 2009

Resep dan cara membuat cendol

Baikalah saya sekarang akan berbagi untuk membuat cendol, disini resep yang akan saya bagikan ada 2 jenis yaitu membuat cendol berwarna hijau dan berwarna coklat.
Tunggu dulu walaupun minuman ini berwarna tapi saya berikan jaminan mutu 100% kalau resep cendol yang saya tawarkan bebas dari zat pewarna.

Oke yang pertama akan saya bagikan adalah membuat cendol berwarna hijau... mmm gimana ya membuatnya sehingga bisa terbebas dari zat pewarna?

Nah bahan yang perlu anda siapkan adalah:
  • Tepung Beras 1 kilo (saya referensikan gunakan tepung beras rose brand atau yang lebih baik untuk hasil yang enak, dari pengalaman saya 5 tahun membuat dan berjualan cendol)
  • Gula aren 2 kilo
  • Gula putih 1 kilo
  • Kelapa 7 butir
  • Daun pandan untuk pewarna sekaligus pengharum minuman 1 ikat
  • Garam secukupnya
  • vanili secukupnya
  • Kapur sirih untuk membuat cendol tidak cepat basi
  • Air
Setelah semua bahan sudah dipersiapkan sekarang tinggal cara mengelolanya

Daun pandan dihaluskan dengan cara diblender dengan air kemudian hasilnya diperas untuk mendapatkan warna hijaunya, air perasan pandan ini bisa tahan 1 bulan untuk anda simpan namun saya menyarankan untuk segera menggunakannya jika sudah anda peras karena jika anda gunakan besok atau lusa aroma harumnya sudah hilang.
Nah air perasan pandan dicampur dengan kapur sirih kemudian diaduk rata dengan seluruh tepung beras dicampur dengan garam. Buatlah adonan sampai rata dan encer kemudian dimasak dikuali sambil diaduk jangan sampai menggumpal, ciri cendol sudah masak adonan yang dimasak tadi kelihatan mengkilat dan ingat jangan sampai gosong karena kalau sudah mengkilat dia akan segera gosong, jadi anda hati-hati memasaknya, kemudian masukkan kecetakkan yang telah disediakan, nanti saya tampilkan fotonya. Jadilah cendol berwarna hijau.

Untuk airnya kelapa diblender sampai halus agar didapat santan yang cukup kemudian diperas dan jangan lupa dimasak, setelah masak campurkan dengadenag cendol yang sudah dicetak tadi.

Untuk pemanisnya, gula merah dimasak dengan sedikit air ditambah gula putih, ukuran airnya 1 gayung dengan seluruh gula yang disiapkan tadi.

Catatan jangan campurkan gula dengan cendolnya, gula dan cendol disatukan saat prose penghidangan di gelas masing-masing. Resep ini bisa jadi untuk 60 gelas tangkai.

Saya rasa itu dulu resep dari saya, nantikan resep berikutnya dari saya membuat cendol berwarna coklat tanpa zat pewarna..
Semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang menyukai minuman tradisional indonesia.


7 komentar:

  1. pertamaxxx ternyata ..nice post friends

    BalasHapus
  2. heumphdt .. puasa gini jadi pingin buat ... hatur nuhun resep nya ....

    BalasHapus
  3. thank's atas infonya ..saya akan coba resepnya dulu,trus terang saya sudah mulai bosan kerja,pengen punya usaha sendiri.......

    BalasHapus
  4. makasih infonya... aq mau coba sapa tau bsa jdi bahan usaha heheheheee...

    BalasHapus